Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah e-modul berbasis Concept-Rich Instruction pada mata pelajaran persamaan garis lurus kelas VIII SMP untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini menggunkan model penelitian ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan yakni Analisis, Desain, Pengembangan, Penerapan, Evaluasi. Instrumen kevalidan berupa angket validasi dari ahli materi dan ahli desain memperoleh nilai presentase validasi ahli sebesar 82,23% validasi desain sebesar 84% dalam kategori valid. Instrumen kepraktisan berupa angket praktikalitas guru dan siswa memperoleh nilai persentase berturut turut 98,88% dan 91,59% yang termasuk kategori sangat praktis. Instrumen keefektifan berupa pre-test dan post-test dengan memperoleh nilai rata rata n-gain sebesar 66,33% dengan tafsran kategori cukup efektif. Selanjutnya angket respon siswa memperoleh hasil 81,16% yang termasuk kategori sangat efektif. Berdasarkan analisis tersebut e-modul layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.
Copyrights © 2025