Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi
Vol 25, No 1 (2025): Februari

Utilization of Concept Rich Instruction Based Kahoot Application to Improve Mathematical Critical Thinking Skills

Pranata, Aldi (Unknown)
Patunah, Siti (Unknown)
Hanipa, Hanipa (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah e-modul berbasis Concept-Rich Instruction pada mata pelajaran persamaan garis lurus kelas VIII SMP untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini menggunkan model penelitian ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan yakni Analisis, Desain, Pengembangan, Penerapan, Evaluasi. Instrumen kevalidan berupa angket validasi dari ahli materi dan ahli desain memperoleh nilai presentase validasi ahli sebesar 82,23% validasi desain sebesar 84% dalam kategori valid. Instrumen kepraktisan berupa angket praktikalitas guru dan siswa memperoleh nilai persentase berturut turut 98,88% dan 91,59% yang termasuk kategori sangat praktis. Instrumen keefektifan berupa pre-test dan post-test dengan memperoleh nilai rata rata n-gain sebesar 66,33% dengan tafsran kategori cukup efektif. Selanjutnya angket respon siswa memperoleh hasil 81,16% yang termasuk kategori sangat efektif. Berdasarkan analisis tersebut e-modul layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ilmiah

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi adalah peer-review jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk berbagi dan diskusi mengenai isu dan hasil penelitian yang lagi hangat pada saat ini. Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Batanghari Jambi, ...