Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Vol. 12 No. 1 (2025)

EFEKTIVITAS PENDEKATAN STEAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Widyastika, Dinda (Unknown)
Wahyuni, Nur (Unknown)
Yusnita, Novi Cynthia (Unknown)
Daulay, Raja Sakti Arief (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendekatan STEAM dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi siswa untuk aktif mengkonstruksikan pengetahuan meraka melalui kegiatan nyata siswa kelas V SD Negeri 101877 Tanjung Morawa. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian Quasi Experiment Design dengan desain Nonequivalent Kontrol Group Design. Populasi penelitiannya adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101877 Tanjung Morawa yang berjumlah 57 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis berupa pre-test dan post-test sebanyak 5 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan STEAM efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya hasil hipotesis Sig. (2-tailed) = 0,962 < 0,05 maka H1 diterima, yang artinya terdapat pengaruh pembelajaran dengan pendekatan STEAM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V SD Negeri 101877 Tanjung Morawa. Temuan ini menegaskan bahwa pendekatan STEAM dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa, sekaligus memberikan wawasan bagi pengembangan metode pembelajaran IPA yang lebih inovatif di masa depan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jil

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ruang lingkup dan fokus publikasi pada bidang pendidikan, pembelajaran, media pembelajaran, TIK dalam pendidikan dan pembelajaran, manajemen pendidikan, pendidikan dasar, ...