Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Vol. 12 No. 1 (2025)

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN MELALUI PERMAINAN SAMPAH GO UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN DAN NUMERASI PADA ANAK-ANAK WONDERHOME LIBRARY

Ningrum, Intan Hayun (Unknown)
Hiryanto (Unknown)
Aryani, Neng Desi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2025

Abstract

Permasalahan sampah merupakan isu lingkungan yang semakin krusial, terutama di kota-kota besar seperti Yogyakarta. Literasi lingkungan, termasuk kebiasaan memilah sampah sejak dini, perlu ditanamkan melalui pendidikan berbasis permainan yang interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas permainan Sampah Go dalam meningkatkan literasi lingkungan dan numerasi pada anak-anak di Wonderhome Library. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini melibatkan 18 peserta didik dengan pengukuran literasi lingkungan pada dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor rata-rata literasi lingkungan dari 67,2 pada siklus I menjadi 85,3 pada siklus II, yang tergolong dalam kategori sangat baik. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis permainan (game-based learning) tidak hanya mampu meningkatkan kesadaran lingkungan, tetapi juga mengintegrasikan literasi dan numerasi dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, metode ini berpotensi diterapkan dalam pendidikan informal maupun nonformal sebagai strategi efektif dalam membangun kesadaran dan kepedulian lingkungan sejak dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jil

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ruang lingkup dan fokus publikasi pada bidang pendidikan, pembelajaran, media pembelajaran, TIK dalam pendidikan dan pembelajaran, manajemen pendidikan, pendidikan dasar, ...