Permasalahan sampah merupakan isu lingkungan yang semakin krusial, terutama di kota-kota besar seperti Yogyakarta. Literasi lingkungan, termasuk kebiasaan memilah sampah sejak dini, perlu ditanamkan melalui pendidikan berbasis permainan yang interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas permainan Sampah Go dalam meningkatkan literasi lingkungan dan numerasi pada anak-anak di Wonderhome Library. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini melibatkan 18 peserta didik dengan pengukuran literasi lingkungan pada dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor rata-rata literasi lingkungan dari 67,2 pada siklus I menjadi 85,3 pada siklus II, yang tergolong dalam kategori sangat baik. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis permainan (game-based learning) tidak hanya mampu meningkatkan kesadaran lingkungan, tetapi juga mengintegrasikan literasi dan numerasi dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, metode ini berpotensi diterapkan dalam pendidikan informal maupun nonformal sebagai strategi efektif dalam membangun kesadaran dan kepedulian lingkungan sejak dini.
Copyrights © 2025