Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Vol. 12 No. 1 (2025)

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL KAHOOT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS

Rahmawati (Unknown)
Usman, Asep Tutun (Unknown)
Holis, Ade (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi peserta didik dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi experiment. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V MI Nurul Falah yang berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan metode sampling jenuh, yaitu metode pengambilan sampel yang menggunakan seluruh populasi sebagai sampel. Sebanyak 40 peserta didik dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui pretest dan postest kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik menggunakan bantuan SPSS 25 statistik, yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t sampel berpasangan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media digital melalui aplikasi Kahoot dapat menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, sehinnga motivasi belajar peserta didik menjadi meningkat pada pembelajaran Al-Qur’ab Hadits.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jil

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ruang lingkup dan fokus publikasi pada bidang pendidikan, pembelajaran, media pembelajaran, TIK dalam pendidikan dan pembelajaran, manajemen pendidikan, pendidikan dasar, ...