Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 19 No 02 (2022): Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Pengaruh Kegiatan Mentoring Keagamaan Program LSP Untirta terhadap Pengembangan Karakter Jawara Mahasiswa

Vika Utami (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Siti Muhibah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Alfiandy Warih Handoyo (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengetahui bagaimana pengaruh kegiatan mentoring keagamaan dalam program Lingkar Studi Pekanan (LSP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa terhadap perkembangan karakter jawara pada mahasiswa. Metode penelitian menggunakan survei dengan pendekatan analisis kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa semester 2 tahun ajaran 2021-2022 yang mengampu mata kuliah agama Islam, dengan purposive sampel sebanyak 98 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen angket. Berdasarkan uji regresi linier sederhana diperoleh hasil sig = 0,000 < 0,05, yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Selanjutnya nilai R Square = 0,619 yang berarti pengaruh yang dihasilkan sebesar 61,9%. Hasil dalam penelitian ini membuktikan bahwa nilai religius memiliki pengaruh dalam pengembangan karakter, sehingga perwujudan layanan bimbingan dan konseling berbasis religius dapat menjadi salah satu strategi yang mampu mencapai tujuan pengembangan karakter.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

guidance

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Health Professions Social Sciences

Description

Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling is an open access journal and peer-reviewed that published either original article or reviews. this journal focuses on Guidance and Counseling Islamic, Counseling Multicultural, School Counseling, Counselor Education, Child and Adolescent Counseling, Adult ...