Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yang dipadukan dengan ice breaking dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada siswa kelas V. Selain itu, penelitian ini juga mengevaluasi perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model tersebut. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 20 siswa dan seorang guru sebagai fasilitator. Data dianalisis melalui perbandingan nilai pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa, dengan ketuntasan belajar meningkat dari 20% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Perhitungan N-Gain Score sebesar 0,76 menunjukkan kategori efektivitas tinggi. Dengan demikian, penggunaan model TGT berbantuan ice breaking efektif dalam meningkatkan hasil belajar PPKn siswa.
Copyrights © 2024