Didactica : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 4 No. 2 (2024): September

Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Kinanti, Fania Rezqi (Unknown)
Rahman, Abdul (Unknown)
Hermuttaqien, Bhakti Prima Findiga (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran cooperative tipe scramble terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Bawakaraeng, Kecamatan Makassar, Kota Makassar; dan 2) Untuk mengukur efektivitas model pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel penelitian dipilih melalui teknik probability sampling, melibatkan kelas VA sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran cooperative tipe scramble, dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Variabel penelitian mencakup keterampilan membaca pemahaman dan model pembelajaran. Data dianalisis menggunakan uji independent sample t-test dan uji N-gain untuk menilai efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative tipe scramble meningkatkan keterlaksanaan pembelajaran dari kategori "baik" menjadi "sangat baik." Model ini juga efektif meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa, sebagaimana dibuktikan oleh hasil posttest dan nilai N-gain yang berada pada kategori "sedang." Hal ini menggambarkan adanya peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa secara signifikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didactica

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Didactica : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran memfokuskan pada kajian-kajian ilmiah di bidang pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini menerbitkan hasil-hasil penelitian dari ilmuwan, dosen, peneliti, guru, mahasiswa, dan para praktisi pendidikan. Artikel yang diterbitkan mencakup isu dan ...