Paidea : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia
Vol. 4 No. 2 (2024): Agustus

Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Keterampilan Menyimak pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Tamhafriah, Kurnia (Unknown)
Yusuf, Faidah (Unknown)
Hermuttaqien, Bhakti Prima Findiga (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh gaya belajar terhadap keterampilan menyimak pada siswa kelas V SD Negeri 114 Mallenreng. Masalah yang diangkat adalah apakah ada pengaruh antara gaya belajar terhadap keterampilan menyimak. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan sampel 18 siswa kelas V. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan observasi langsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki gaya belajar visual, dengan 10 dari 18 siswa mengutamakan penglihatan dalam proses belajar. Keterampilan menyimak siswa menunjukkan bahwa 4 dari 18 siswa memperoleh predikat sangat baik. Uji T menunjukkan bahwa gaya belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap keterampilan menyimak, dengan nilai signifikansi lebih kecil dari alpha, yang berarti hipotesis diterima. Penelitian ini menyimpulkan bahwa gaya belajar visual berpengaruh positif terhadap keterampilan menyimak siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

paidea

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Paidea: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia merupakan jurnal penelitian yang menerbitkan beragam artikel dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini memberikan peluang untuk melakukan diseminasi kepada berbagai kalangan yang lebih luas untuk berbagi informasi hasil penelitian ...