Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keperluan siswa SMP terhadap media pembelajaran animasi interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam memahami materi matematika. Pendekatan PBL dipilih karena mampu menghubungkan konsep-konsep matematika dengan situasi nyata, yang dapat meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini memanfaatkan metode kuantitatif deskriptif melalui teknik purposive sampling, melibatkan 23 siswa kelas VIII di SMPN 2 Sumowono. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket, kemudian dianalisis menggunakan persentase. Temuan analisis menunjukkan bahwa mayoritas 91% siswa membutuhkan media pembelajaran digital untuk membantu mereka memahami materi matematika. Selain itu, 91% siswa tertarik menggunakan media media interaktif untuk membantu mereka menyelesaikan soal teorema pythagoras, yang mengindikasikan bahwa siswa lebih menyukai pembelajaran yang mengaitkan materi dengan kehidupan keseharian. Temuan ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran animasi interaktif berbasis PBL sangat diperlukan guna mempertinggi pemahamandan minat belajar matematika siswa.
Copyrights © 2025