Semantik : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 14 No 1 (2025): Volume 14 Number 1, February 2025

PENGARUH PENERAPAN METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI KELAS V

Bernika, Bernika Nafa Dimiati (Unknown)
Purwoko, Riawan Yudhi (Unknown)
Ngazizah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2025

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan literasi murid dan belum maksimalnya guru dalam mengimplemntasikan metode pembelajaran yang bervariasi. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan literasi murid kelas V. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pra eksperimen dengan model One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian dipilih secara sampling jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 30 murid. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas menggunakan bantuan SPSS Statistic for windows 25.0. Analisis data menggunakan teknik statistik non parametrik yaitu Uji Wilcoxon berbantuan program IBM Statistic for windows SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita berpengaruh positif terhadap kemampuan literasi peserta didik. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis wilcoxon yang menunjukkan nilai Sig 0.000< 0.05 maka H0 ditolak dan untuk Ha diterima. Sehingga secara signifikan metode bercerita berpengaruh terhadap kemampuan literasi murid kelas V. Selanjutnya metode bercerita dapat digunakan sebagai metode alternatif didalam proses pembelajaran bagi guru yang mencari metode pembelajaran yang berfariasi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

semantik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Focus Semantik journal is a medium for disseminating the result of research about language, literature, and language and literature education in Indonesia. Scope Semantik journal publishes the research article in language, literature, language and literature education in ...