Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 1 (2025): Vol. 5 No. 1 Edisi Februari 2025

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKn KELAS IV SEKOLAH DASAR

Wulandari, Susi (Unknown)
Disurya, Ramanata (Unknown)
Tanzimah, Tanzimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Hasil belajar merupakan hasil kemampuan yang dicapai siswa setelah proses pembelajaran berlangsung dalam jangka waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perubahan atau peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran PPKn Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Rambang Niru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian True-Experimental Design dengan bentuk Posttest-Only Control Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yang melibatkan 44 siswa sebagai sampel yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan uji homeginatas. Kelompok kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 76,36 dan kelompok kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 60,45. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dengan nilai signifikan kelas eksperimen 0,393 dan nilai signifikan kelas kontrol 0,200. Hasil uji homogenitas diperoleh nilai signifikan 0,784>0,05 sehingga dinyatakan bahwa varian data homogen. Pada pengujian hipotesis pada uji t (Independent Sample T-Test) dengan signifikan yaitu <0,05 diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,001<0,05 dan pada uji-t dengan ttabel>2,018 diperoleh nilai thitung 3,798 > ttabel 2,018 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn kelas IV Sekolah Dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...