Media kartu huruf termasuk media visual yang sering digunakan oleh guru baik ditaman kanak-kanak maupun disekolah dasar kelas satu untuk mengenalkan huruf dan mengajarkan membaca permulaan pada siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media kartu huruf dan kartu kata bergambar didalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) mengacu pada model ADDIE. Berdasarkan uji ahli dari validator yang mencakup tiga aspek yaitu media, bahasa, dan materi  hasil penelitian ini memperoleh persentase rata-rata sebesar 91,28% dengan kategori “sangat valid” kemudian di dukung dengan hasil uji coba siswa secara langsung (one to one) dan memperoleh persentase sebesar 92,5% dengan kategori “sangat praktis”. Kemudian, uji coba terakhir adalah uji coba pada kelompok kecil (small group) dengan perolehan rata-rata sebesar 90% dikategorikan “sangat praktis”dan penilaian respon pendidik memperoleh presentase sebesar 100% dikategorikan “sangat praktis. Sehingga pengembangan media kartu huruf dan kartu kata bergambar layak digunakan dalam pembelajaran.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025