Literasi sangat penting dalam dunia pendidikan, tetapi rendahnya kemampuan membaca siswa juga menjadi tantangan utama dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan program Klinik Baca sebagai upaya meningkatkan kecakapan literasi siswa sekolah dasar, khususnya dalam keterampilan membaca. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada siswa kelas III di SDN Mlajah 2 Bangkalan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Klinik Baca efektif dalam meningkatkan minat dan kemampuan membaca siswa, terutama pada mereka yang mengalami kesulitan dalam membaca. Program Klinik Baca merupakan kegiatan pendampingan membaca intensif yang dilakukan secara terstruktur dengan pendekatan yang menarik dan interaktif. Program Klinik Baca diharapkan dapat mendukung pengembangan literasi dasar pada siswa, sehingga meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang lebih berpengetahuan dan berdaya saing.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025