Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 1 (2025): Vol. 5 No. 1 Edisi Februari 2025

IMPLEMENTASI PROGRAM KLINIK BACA DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN LITERASI SISWA SD

Fitrih, Dwi Rosita (Unknown)
Rozie, Fachrur (Unknown)
Koesmini, Astien Diena (Unknown)
Rukmiyati, Rukmiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Literasi sangat penting dalam dunia pendidikan, tetapi rendahnya kemampuan membaca siswa juga menjadi tantangan utama dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan program Klinik Baca sebagai upaya meningkatkan kecakapan literasi siswa sekolah dasar, khususnya dalam keterampilan membaca. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada siswa kelas III di SDN Mlajah 2 Bangkalan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Klinik Baca efektif dalam meningkatkan minat dan kemampuan membaca siswa, terutama pada mereka yang mengalami kesulitan dalam membaca. Program Klinik Baca merupakan kegiatan pendampingan membaca intensif yang dilakukan secara terstruktur dengan pendekatan yang menarik dan interaktif. Program Klinik Baca diharapkan dapat mendukung pengembangan literasi dasar pada siswa, sehingga meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang lebih berpengetahuan dan berdaya saing.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...