Literasi adalah kecakapan dasar untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Literasi diintensifkan di sekolah dengan GLS (Gerakan Literasi Sekolah) dengan tujuan agar siswa mamou menguasai kecakapan literasi. Namun tak dapat dipungkiri bahwa tiap kegiatan selalu memiliki kendala dalam pelaksanaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan dalam penerapan kegiatan pembiasaan literasi di SDN Kraton 1 sehingga dapat ditemukan solusi secara teoretis maupun praktis. Penelitian ini menggunakan tipe kualitatif dengan metode penelitian studi kasus dan hasilnya akan dipaparkan dengan bentuk deskriptif. Sistem triangulasi data menggunakan triangulasi metode, triangulasi waktu, dan triangulasi sumber. Hasil yang ditemukan peneliti berupa terdapat dua kelompok kendala, yaitu kendala internal dan eksternal. Kendala internal berupa siswa yang belum mampu membaca, ketidakmampuan siswa memahami bacaan, dan minat baca siswa yang kurang. Sementara itu kendala eksternal yang ditemukan adalah dukungan dari sekolah dan orang tua yang kurang dalam implementasi kegiatan pembiasaan literasi.
Copyrights © 2025