Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 1 (2025): Vol. 5 No. 1 Edisi Februari 2025

INTEGRASI JARINGAN SEKOLAH ISLAM TERPADU (JSIT) DAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR

Yustiana, Dela (Unknown)
Vitasari, Diana (Unknown)
Anjelina, Nadia (Unknown)
Andrian, Firma (Unknown)
Adiwijaya, Satria Nugraha (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manfaat integrasi Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar (SD). Metode yang digunakan adalah Sistematic Literature Review (SLR) dengan analisis data dari artikel jurnal yang terindeks SINTA dan diterbitkan dalam lima tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi antara JSIT dan Kurikulum Merdeka dapat menciptakan pendekatan pendidikan yang holistik dan integratif. Pendekatan ini memperkuat integrasi nilai-nilai Islam dengan ilmu pengetahuan, serta meningkatkan keterampilan siswa dalam berpikir kritis, kreatif, dan berkolaborasi. Implementasi Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas kepada guru dalam merancang metode pembelajaran, memperkuat keterlibatan siswa, dan menciptakan lingkungan belajar yang relevan dengan kebutuhan zaman. Namun, tantangan seperti keterbatasan sumber daya pengajar dan pemahaman guru terhadap kurikulum perlu mendapatkan perhatian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kolaborasi ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan di SD berbasis Islam terpadu. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengevaluasi dampak jangka panjang penerapan integrasi ini.    

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...