Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manfaat integrasi Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar (SD). Metode yang digunakan adalah Sistematic Literature Review (SLR) dengan analisis data dari artikel jurnal yang terindeks SINTA dan diterbitkan dalam lima tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi antara JSIT dan Kurikulum Merdeka dapat menciptakan pendekatan pendidikan yang holistik dan integratif. Pendekatan ini memperkuat integrasi nilai-nilai Islam dengan ilmu pengetahuan, serta meningkatkan keterampilan siswa dalam berpikir kritis, kreatif, dan berkolaborasi. Implementasi Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas kepada guru dalam merancang metode pembelajaran, memperkuat keterlibatan siswa, dan menciptakan lingkungan belajar yang relevan dengan kebutuhan zaman. Namun, tantangan seperti keterbatasan sumber daya pengajar dan pemahaman guru terhadap kurikulum perlu mendapatkan perhatian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kolaborasi ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan di SD berbasis Islam terpadu. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengevaluasi dampak jangka panjang penerapan integrasi ini.    
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025