Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum Pendidikan akhlak untuk menumbuhkan nilai kejujuran dan tanggung jawab. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Citra Alam Yogyakarta memiliki tiga model kurikulum yaitu Kurikulum Akhlak, Kurikulum Alam, dan Kurikulum Pemerintah. Ketiga kurikulum ini kemudian diturunkan ke dalam berbagai metode pembelajaran yang dapat membentuk karakter peserta didik khususnya karakter kejujuran dan tanggungjawab yang dituangkan melalui proses pembelajaran yang dilakukan. Salah satu metode pembelajaran di Sekolah Citra Alam Yogyakarta adalah metode pendekatan direct line atau hubungan interaksi langsung antara guru dengan peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025