Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 1 (2025): Vol. 5 No. 1 Edisi Februari 2025

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DALAM MENGATASI MISKONSEPSI MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT

Sukmawati, Nur Fadlilah (Unknown)
Marzuki, Ismail (Unknown)
Sari, Arissona Dia Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran CUPs, serta mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran CUPs sebagai upaya dalam mengatasi miskonsepsi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV UPT SD Negeri 34 Gresik tahun pelajaran 2024/2025 dengan jumlah 24 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles & Huberman yang selama proses pengumpulan data melakukan tiga kegiatan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CUPs yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu fase individu, triplets, dan diskusi kelas, dapat membantu mengatasi miskonsepsi pada siswa. Sebelum penerapan model pembelajaran CUPs, rata-rata 61,5% siswa mengalami miskonsepsi klasifikasional, korelasional, dan teoritikal. Setelah penerapan model pembelajaran CUPs, persentase siswa yang mengalami miskonsepsi menurun menjadi 25,5%. Penelitian ini membuktikan bahwa model pembelajaran CUPs efektif digunakan untuk mengatasi miskonsepsi siswa pada materi bangun datar segi empat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...