Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan numerasi siswa di Kota Medan, di mana hanya mencapai 60 dari skala 100. Salah satu faktor penyebabnya adalah metode pembelajaran yang kurang tepat dan bervariasi, sehingga memengaruhi pencapaian siswa dalam numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media konkret terhadap kemampuan numerasi siswa kelas II di UPT SD Negeri 060938 Medan Johor. Penelitian dilaksanakan pada 18-19 Novemeber 2024 dengan populasi seluruh siswa kelas II-A dan II-B sebanyak 40 siswa, yang semuanya menjadi sampel penelitian. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu (Quasi-Experimental), yaitu desain pretest-posttest kelompok kontrol. Kelompok eksperimen (kelas II-B) menggunakan media konkret, sedangkan kelompok kontrol (kelas II-A) tidak menggunakan media konkret. Hasil pretest menunjukkan rata-rata nilai kelas II-A adalah 55 dan kelas II-B adalah 49,5. Setelah perlakuan, hasil posttest meningkat menjadi 74 pada kelas II-A (baik) dan 91 pada kelas II-B (sangat baik). Uji hipotesis menghasilkan thitung (4,0341) > ttabel (2,0243), menunjukkan Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga terdapat dampak positif penggunaan media konkret dalam manajemen pembelajaran terhadap kemampuan numerasi siswa di UPT SD Negeri 060938 Medan Johor. Kesimpulannya, terdapat dampak positif penggunaan media konkret dalam manajemen pembelajaran terhadap kemampuan numerasi siswa di UPT SD Negeri 060938 Medan Johor.
Copyrights © 2024