Education and Counseling Journal
Vol 5 No 1 (2025): EDISI : MARET

PENGARUH POLA PIKIR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI PRESTASI AKADEMIK SISWA SMP

Wulandarini, Wulandarini (Unknown)
Sa'adah, Putri (Unknown)
Syauqi, Auzi (Unknown)
Jannah, Zahrotul (Unknown)
Arindiah, Nurani Sari (Unknown)
Ravaneli, Aulia (Unknown)
Syakiah, Nur (Unknown)
Sahin, Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2025

Abstract

Proses belajar tidak terlepas dari proses berpikir, mandiri belajar kegiatan yang melibatkan seseorang dengan lingkungannya dan menghasilkan suatu perubahan, baik secara kognitif, afektif atau psikomotorik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa pengaruh pola pikir terhadap kemandirian belajar melalui prestasi akademik siswa SMP. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 343 siswa, Sampel dalam penelitian dihitung dengan tabel Isaac dan Michael, maka sampling dengan taraf kesalahan 1% berjumlah 225 siswa dibulatkan menjadi 250 siswa. Analisis data dilakukan dengan dua tahap yaitu analisis Structural Equation Modelling (SEM) dan analisis mediasi. Hasil penelitian menunjukan (1) Terdapat pengaruh positif pola pikir dengan prestasi siswa, (2) Terdapat pengaruh positif pola pikir dengan mandiri belajar siswa, (3) Tidak terdapat pengaruh positif Prestasi dengan Mandiri Belajar siswa, (4) Prestasi tidak memiliki efek tidak langsung terhadap pola pikir dengan mandiri belajar siswa. Implikais lebih lanjut dibahas dalam bab pembahasan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

consilium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal consilium adalah jurnal bidang pendidikan dan konseling untuk semua jenjang pendidikan yakni Sekolah Dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), hingga perguruan tinggi (PT). jurnal consilium merupakan cerminan aspirasi guru-guru di SD – SMA yang membutuhkan ...