NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 12, No 3 (2025): NUSANTARA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS DI SEKOLAH DASAR

Amanda Fadilla, Putri (Unknown)
Maibang, Sapriani (Unknown)
Putri, Nindya (Unknown)
Izzati Siagian, Zaura (Unknown)
Nani Siagian, Nur (Unknown)
Yusnaldi, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan media pembelajaran digital dalam meningkatkan minat belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, di mana peneliti mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber literatur yang relevan, termasuk artikel, jurnal, dan buku yang membahas tentang media pembelajaran digital dan minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran digital, seperti video interaktif, aplikasi edukasi, dan platform pembelajaran online, dapat secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa terhadap IPS. Berbagai studi yang dianalisis menunjukkan bahwa media digital mampu menarik perhatian siswa, meningkatkan keterlibatan, dan memfasilitasi pemahaman konsep-konsep IPS dengan lebih baik. Temuan ini mengindikasikan bahwa pemanfaatan media pembelajaran digital dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran IPS di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan menarik bagi siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...