NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 12, No 3 (2025): NUSANTARA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

PENDIDIKAN ISLAM: FITRAH MANUSIA DAN PROGRESIVITAS

Febriyani, Safna (Unknown)
Chanifudin, Chanifudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2025

Abstract

Artikel ini mengeksplorasi hubungan antara pendidikan Islam, konsep fitrah manusia, dan progresivitas sebagai kerangka pembentukan karakter individu dan pembangunan peradaban. Dalam Islam, fitrah manusia dipahami sebagai potensi bawaan yang cenderung kepada kebenaran, keimanan kepada Allah, dan nilai-nilai kebaikan universal. Pendidikan Islam memiliki tugas penting untuk menjaga, mengarahkan, dan mengembangkan potensi fitrah ini sehingga manusia dapat mencapai kesempurnaan moral, spiritual, dan intelektual. Namun, di tengah dinamika sosial, budaya, dan teknologi yang terus berubah, pendidikan Islam perlu mengadopsi pendekatan progresif yang adaptif, kreatif, dan berbasis solusi. Artikel ini menganalisis bagaimana integrasi nilai-nilai Islam dengan metode pendidikan progresif dapat menghasilkan individu yang tidak hanya berakhlak mulia, tetapi juga mampu bersaing di era globalisasi. Kajian ini menyimpulkan bahwa pendidikan Islam yang progresif merupakan kunci untuk membangun generasi unggul yang mampu menjawab tantangan zaman tanpa kehilangan identitas keislamannya. Rekomendasi praktis diberikan untuk merancang sistem pendidikan Islam yang holistik, relevan, dan berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...