Matematika merupakan mata pelajaran yang sangat penting untuk dipelajari, karena kemampuannya membantu individu dalam menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari. Matematika di sekolah dasar sangat penting untuk dipelajari semaksimal mungkin dan tidak boleh terjadi kesalahpahaman dalam mempelajari konsep dalam matematika. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki anak SD kelas tiga adalah operasi perkalian. Metode dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas III SDN 31 Cakranegara mengalami kesulitan dalam memahami perkalian, terutama dalam menghubungkannya dengan penjumlahan berulang. Kesulitan siswa dalam memahami perkalian dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Secara internal, rendahnya motivasi belajar, kurangnya kepercayaan diri, serta ketergantungan pada hafalan. Secara eksternal, minimnya dukungan keluarga, keterbatasan fasilitas belajar, serta lingkungan yang tidak kondusif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025