Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 6, No 1 (2025)

Kontribusi Pendidikan Agama Kristen Humanis dalam Pembangunan Iman Jemaat di Jemaat Pola Tribuana Klasis Alor Barat Laut Gereja Masehi Injili di Timor

Natonis, Harun Y. (Unknown)
Udju, Anita A. Hege (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauhmana Kontribusi Pendidikan Agama Kristen yang Bersifat Humanis Memengaruhi Perkembangan Iman di Jemaat Pola Tribuana Klasis Alor Barat Laut Gereja Masehi Injili Di Timor”. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi secara mendasar memaparkan karakteristiknya melalui pendekatan eksploratif terhadap suatu permasalahan yang bertujuan mengembangkan pemahaman mendalam tentang fenomena yang diteliti. Penelitian ini akan mengeksplorasi secara mendalam dan luas tentang fenomena Pendidikan Agama Kristen yang humanis dan kontribusinya bagi pembangunan iman di Jemaat Pola Tribuana Klasis Alor Barat Laut Gereja Masehi Injili Di Timor. Hasil penelitian yang diperoleh  menunjukkan pendidikan agama Kristen humanis telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembangunan iman jemaat, yaitu: 1). Meningkatkan pemahaman jemaat tentang nilai-nilai kemanusiaan dalam ajaran Kristen; 2). Membantu jemaat untuk menerapkan nilai-nilai kemanusiaan dalam kehidupan sehari-hari; 3). Memperkuat rasa solidaritas dan kepedulian jemaat terhadap sesama; 4). Meningkatkan motivasi jemaat untuk terlibat dalam kegiatan gereja dan masyarakat; dan 5). Membantu jemaat untuk menghadapi berbagai tantangan dan masalah dalam hidup dengan iman yang teguh.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...