Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran melalui STEAM berbasis loose parts yang dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini kelas B PAUD Ar-Rohmat kecamatan Binuang. Subjek penelitian ini sebanyak 11 anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas oleh Kemmis dan Mc.Taggart yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif, kuantitatif, dan kesimpulan verifikasi. Analisis data kualitatif diperoleh dari penggunaan lembar observasi aktivitas guru dan anak. Analisis data kuantitatif menggunakan analisis dengan menghitung skor rata-rata pemahaman anak dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kreativitas anak usia dini melalui pembelajaran STEAM berbasis loose parts, dapat dibuktikan ketuntasan kreativitas pra intervensi sebesar 30%. Kemudian meningkat pada siklus I sebesar 40% dan siklus II sebesar 80%.
Copyrights © 2025