Jurnal Pendidikan Sultan Agung
Vol 5, No 1 (2025)

Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Teks Prosedur Kompleks Kelas XII MIPA 3

Rahayu, Irma Apriliyani (Unknown)
Putra, Sukma Ragil (Unknown)
Chamalah, Evi (Unknown)
Sudiyati, Sudiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas XII MIPA 3 di SMA N 06 Semarang melalui penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi. Strategi ini diterapkan dalam konteks Kurikulum Merdeka yang mendorong pengajaran berbasis kebutuhan individu peserta didik. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui teknik tes dan non-tes, yang kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi secara signifikan meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Pada siklus 1, ketuntasan belajar mencapai 77,8%, dan meningkat menjadi 94,5% pada siklus 2. Aktivitas belajar peserta didik juga menunjukkan peningkatan dari kategori cukup aktif menjadi aktif. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi terbukti efektif dalam mengakomodasi keragaman karakteristik peserta didik, sehingga mampu menciptakan pembelajaran yang lebih inklusif dan bermakna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpsa

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Sultan Agung (JP-SA) is a journal that aims to facilitate and promote scientific conceptual ideas, systematic investigations or reviews, and dissemination of research results in the fields of early childhood education, primary and secondary education, higher education, teacher ...