Jurnal Pendidikan Sultan Agung
Vol 5, No 1 (2025)

Analisis Program Pembinaan Olimpiade Sains Nasional Pada Sekolah Menengah Atas di Kota Lhokseumawe

Noval, Nabila (Unknown)
Novita, Nanda (Unknown)
Siska, Deassy (Unknown)
Muliani, Muliani (Unknown)
Andriani, Riza (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen program pembinaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dan pemberiam angket dengan informan utama yang terdiri dari kepala sekolah,wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru pembina, dan siswa peserta OSN. Analisis data dilakukan secara induktif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen program pembinaan OSN di SMA di Kota Lhokseumawe melibatkan beberapa aspek penting, yaitu perencanaan, pengorganisasia, pelaksanaan, serta pengawasan. Perencanaan meliputi identifikasi potensi siswa dan penyusunan jadwal pelatihan intensif. Pengorganisasian meliputi pembagian guru Pembina OSN. Pelaksanaan program berfokus pada peningkatan kemampuan akademik melalui bimbingan khusus dan simulasi kompetisi. Pengawasan dilakukan secara berkala untuk memantau perkembangan siswa dan menentukan strategi pembinaan yang lebih efektif. Dukungan dari sekolah, termasuk fasilitas pendukung dan komitmen para pemangku kepentingan, turut menjadi faktor keberhasilan program. Kesimpulannya, manajemen pembinaan OSN di SMA di Kota Lhokseumawe telah dilakukan dengan cukup sistematis, meskipun masih terdapat tantangan, seperti keterbatasan waktu pelatihan dan dana operasional. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan kolaborasi antara sekolah, pemerintah, dan pihak eksternal untuk mendukung keberlanjutan dan efektivitas program pembinaan OSN.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpsa

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Sultan Agung (JP-SA) is a journal that aims to facilitate and promote scientific conceptual ideas, systematic investigations or reviews, and dissemination of research results in the fields of early childhood education, primary and secondary education, higher education, teacher ...