Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Model Challenge Based Learning Terintegrasi Etnomatematika Islam bagi siswa Madrasah Tsanawiyah. Bahan ajar matematika yang dikembangakan adalah pada pokok bahasan bangun ruang. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Untuk menghasilkan bahan ajar matematika dengan Model Challenge Based Learning Terintegrasi Etnomatematika Islam bagi siswa Madrasah Tsanawiyah. (2) Untuk menganalisis kelayakan bahan ajar matematika dengan Model Challenge Based Learning Terintegrasi Etnomatematika Islam bagi siswa Madrasah Tsanawiyah yang dikembangkan. (3) Untuk mengetahui apakah bahan ajar matematika dengan Model Challenge Based Learning Terintegrasi Etnomatematika Islam dapat meningkatkan religiusitas dan hasil belajar siswa Madrasah Tsanawiyah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang memuat tiga tahap, yaitu (1) pendefinisian (define), (2) perancangan (design), dan (3) pengembangan (develop). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah YMI Wonopringgo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi, angket, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kevalidan bahan ajar dan analisis data kepraktisan bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan: (1) valid, setelah melalui proses validasi, (2) praktis, karena adanya respon yang baik mengenai Bahan ajar matematika dengan Model Challenge Based Learning Terintegrasi Etnomatematika Islam dari siswa, dan (3) Bahan ajar matematika dengan Model Challenge Based Learning Terintegrasi Etnomatematika Islam dapat meningkatkan religiusitas dan hasil belajar siswa Madrasah Tsanawiyah.
Copyrights © 2025