Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika
Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika: Volume 7 Nomor 1 February 2025

Pengembangan bahan ajar matematika dengan model challenge based learning terintegrasi etnomatematika Islam bagi siswa madrasah tsanawiyah

Dewi, Heni Lilia (Unknown)
Salmia, Umi (Unknown)
Ummaroh, Aisyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Model Challenge Based Learning Terintegrasi Etnomatematika Islam bagi siswa Madrasah Tsanawiyah. Bahan ajar matematika yang dikembangakan adalah pada pokok bahasan bangun ruang. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Untuk menghasilkan bahan ajar matematika dengan Model Challenge Based Learning Terintegrasi Etnomatematika Islam bagi siswa Madrasah Tsanawiyah. (2) Untuk menganalisis kelayakan bahan ajar matematika dengan Model Challenge Based Learning Terintegrasi Etnomatematika Islam bagi siswa Madrasah Tsanawiyah yang dikembangkan. (3) Untuk mengetahui apakah bahan ajar matematika dengan Model Challenge Based Learning Terintegrasi Etnomatematika Islam dapat meningkatkan religiusitas dan hasil belajar siswa Madrasah Tsanawiyah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang memuat tiga tahap, yaitu (1) pendefinisian (define), (2) perancangan (design), dan (3) pengembangan (develop). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah YMI Wonopringgo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi, angket, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kevalidan bahan ajar dan analisis data kepraktisan bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan: (1) valid, setelah melalui proses validasi, (2) praktis, karena adanya respon yang baik mengenai Bahan ajar matematika dengan Model Challenge Based Learning Terintegrasi Etnomatematika Islam dari siswa, dan (3) Bahan ajar matematika dengan Model Challenge Based Learning Terintegrasi Etnomatematika Islam dapat meningkatkan religiusitas dan hasil belajar siswa Madrasah Tsanawiyah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM) is a scientific journal published by Pusat Studi Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta incorporating with Asosiasi Dosen Matematika dan Pendidikan Matematika (Admapeta). It published twice a year (in February & ...