Musamus Journal of Primary Education
Vol 5 No 2 (2022)

Kajian Pembelajaran Multikultural di Kelas

Simbolon, Marlina Eliyanti (Unknown)
Borolla, Fridolin Vrosansen (Unknown)
Marini, Arita (Unknown)
Maksum, Arifin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2022

Abstract

Keberagaman kebudayaan yang disebutkan sebagai multikultural saat ini tidak hanya sebatas keberagaman etnis, suku dan budaya melainkan dalam aspek yang lain pula. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian pembelajaran multikultural di kelas. Setiap informasi yang bersumber dari literatur dikumpulkan dan diolah dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dari kajian literatur yang berasal dari berbagai jurnal dan undang-undang. Pembahasan berisi asas filosofis dan yuridis Pendidikan multicultural di Indonesia. Berdasarkan kajian dapat ditarik simpulan bahwa Pendidikan multikultural sangat cocok diterapkan di Indonesia karena Indonesia merupakan salah satu negara dengan fenomena pluralisme yang sangat tinggi jika ditinjau berdasarkan suku, agama, ras, golongan, dan etnis. Amanat Undang-undang sudah menjadi pondasi dari keragaman yang kita miliki yang diaplikasikan di dalam kelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

primary

Publisher

Subject

Education Other

Description

The aims of MusJPE is to provide a venue for academicians, researchers, and practitioners for publishing the original researce articles or review articles. The scope of the articles published in this journal deals with a contemporary issue in primary education. ...