Kapal ikan merupakan salah satu alat transportasi yang penting untuk profesi nelayan. Kapal ikan di Perairan Puger dibuat oleh pengrajin kapal tradisional secara turun temurun. Desain linggi haluan kapal ikan tersebut belum diketahui efektivitasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh bentuk linggi haluan terhadap nilai hambatan dan stabilitas kapal. Penelitian ini menggunakan kapal ikan bercadik dengan panjang (LOA) 11 m, lebar (B) 1,5 m, tinggi (H) 1,5 m, dan sarat (T) 0,5 m. Penelitian dilakukan dengan membandingkan desain awal kapal ikan dan desain modifikasi haluannya. Perbandingan menggunakan nilai hambatan dan stabilitas sebagai acuan. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa desain modifikasi mempunyai hambatan lebih kecil sebesar 16,327%. Pada aspek stabilitas, desain modifikasi mempunyai nilai GZ lebih besar yaitu 12,7% dan sudut oleng lebih kecil 2,1% dari desain awal. Desain modifikasi mempunyai periode oleng 5,8% lebih cepat daripada desain awal. Desain modifikasi mempunyai nilai hambatan dan stabilitas yang lebih baik daripada desain awal.
Copyrights © 2025