Dedikasi: Journal of Community Engagement and Empowerment
Vol. 2 No. 2 (2024): Desember 2024

Generasi Cerdas dan Demokratis: Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Melalui Yel Yel Suara Demokrasi

Arisanti, Aini (Unknown)
Septiningtyas, Dian Tri (Unknown)
Habibbulloh, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sangat penting dalam pendidikan saat ini. Salah satu bentuk implementasinya adalah melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang dalam penelitian ini diwujudkan melalui pembuatan yel-yel bertema demokrasi di tingkat SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan P5 dalam menanamkan nilai demokrasi serta dampaknya terhadap karakter dan keterampilan sosial siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di salah satu SMA di Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ini meningkatkan pemahaman siswa tentang demokrasi, memperkuat keterampilan sosial seperti musyawarah dan kerja sama, serta mendorong kreativitas dalam penyusunan lirik dan gerakan yel-yel. Temuan ini menegaskan bahwa kegiatan berbasis P5 dapat menjadi strategi efektif dalam mengintegrasikan pendidikan demokrasi dan penguatan karakter di sekolah. Implikasi penelitian ini memberikan wawasan bagi institusi pendidikan untuk mengadopsi metode serupa dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila pada siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dedikasi

Publisher

Subject

Education Other

Description

Dedikasi: Journal of Community Engagement and Empowerment menerima artikel hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Pemberdayaan Masyarakat. Adapun ruang lingkup dari jurnal ini meliputi Pengabdian Kepada Masyarakat, Pemberdayaan Masyarakat, Kuliah Kerja Nyata, Pendidikan Informal di Masyarakat, dan ...