Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains
Vol. 6 No. 2 (2024): Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Fisika Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Kelas VIII SMP Negeri 9 Palangka Raya

Anggela, Nova (Unknown)
Suhartono (Unknown)
Hutahaean, Saulim DT (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2025

Abstract

Model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah suatu cara mengajar yang berorientasi pada keterlibatan siswa secara maksimal dalam proses kegiatan belajar, untuk mengembangkan sikap kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa; 2) ketuntasan belajar siswa kelas VIII-A SMP Negeri 9 Palangka Raya. Penelitian ini merupakan penelitian pra-ekperimental dengan meggunakan desain one group pretest posttest. Populasi peelitian adalah seluruh kelas VIII semester II SMP Negeri 9 Palangka Raya yang berjumlah 8 kelas. Sampel berjumlah 1 kelas dipilih melalui teknik random sampling, dimana kelas yang terpilih adalah kelas VIII-A dengan jumlah siswa 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan berpikir kritis berupa uraian dan tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi getaran sebesar 0,74 kategori tinggi dan pada materi gelombang sebesar 0,75 dengan kategori tinggi dengan rata-rata skor total sebesar 0,74 kategori tinggi dan ketuntasan hasil belajar siswa dari 30 siswa yang mengikuti tes, diperoleh 23 siswa tuntas dan 7 tidak tuntas. Ketuntasan belajar secara klasikal tuntas karena persentase siswa yang tntas sebesar 77% sudah melampaui standar ketuntasa klasikal yang ditetapkan yaitu 75%. Ketuntasan TPK dari 31 TPKsebanyak 28 (90,32%) TPK tuntas dan 3 (10%) TPK tidak tuntas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bpjps

Publisher

Subject

Education

Description

Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains is a scientific journal published by the Physics Education Study Program, FKIP University of Palangka Raya. This journal aims to accommodate research articles in the field of Science Education. In the end, this journal is expected to describe the ...