Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 14, No 1 (2025)

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PREDICTION GUIDE DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS TANGGAPAN SISWA KELAS VII DI SMPN 4 KLARI

Purwaningrum, Angelina Dwi (Unknown)
Suntoko, Suntoko (Unknown)
Hartati, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2025

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks tanggapan siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran prediction guide. Peneliti memilih model prediction guide agar menarik minat dan keaktifan siswa. Populasi penelitian berasal dari 411 siswa. Sampel kelas VII B terdiri atas 42 orang sebagai kelas kontrol dan kelas VII-J terdiri atas 42 orang sebagai kelas eksperimen. Metode yang digunakan yaitu eksperimen kuasi (quasi experiment) dan memakai desain nonequivalent control group design. Data pretest-posttest menunjukkan kedua kelas bersifat normal dan homogen. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis teks tanggapan yang dibuktikan dari skor posttest kelas eksperimen yang mencapai 77,6. Sedangkan kelas kontrol hanya 55,9. Hasil uji N-Gain menunjukkan skor kelas eksperimen yaitu 0,58 dengan persentase 58% yang artinya memiliki peningkatan dalam kategori sedang dan cukup efektif. Sedangkan pada kelas kontrol N-Gain yang diperoleh sebesar 0,20 dengan persentase 20% yang berarti peningkatannya rendah dan kurang efektif. Hasil uji independent sample t-test 0,000 < 0,05 menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan dan Ho ditolak. Dengan demikian, model pembelajaran prediction guide efektif digunakan dalam peningkatan keterampilan menulis teks tanggapan siswa kelas VII SMPN 4 Klari. Kata kunci: Keterampilan menulis, teks tanggapan, prediction guide

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

lgrm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan karya ilmiah dosen, mahasiswa, praktisi nasional maupun internasional yang berkontribusi dalam pembaharuan ide, konsep dan teori berkaitan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Hasil penelitian dapat berupa: 1. Hasil penelitian pendidikan bahasa dan ...