Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat (SENDAMAS)
Vol 4, No 1 (2024): Desember 2024

“CURHAT DONG” Layanan Konseling Mahasiswa Berbasis Teknologi Informasi

Rahmawati, Siti (Unknown)
Haryadi, Dody (Unknown)
Firmiana, Masni Erika (Unknown)
Rahmatullah, Ismet Alaik (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2025

Abstract

Mahasiswa sering menghadapi permasalahan yang dapat memengaruhi keberhasilan akademik mereka. Universitas Al-Azhar Indonesia menyediakan layanan e-counseling berbasis teknologi, “Curhat Dong,” untuk memberikan dukungan psikologis secara fleksibel dan aman. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keterlibatan mahasiswa, manfaat layanan, serta kendala yang dihadapi dalam implementasi. Dengan metode kualitatif dan desain studi kasus, wawancara dilakukan terhadap 16 mahasiswa pengguna layanan ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan membantu mahasiswa dengan menawarkan akses mudah, privasi terjaga, dan tanpa biaya. Sebanyak 10 responden berniat melanjutkan sesi, sementara lainnya merasa cukup dengan satu sesi. Kendala utama mencakup kurangnya sosialisasi dan tantangan teknis. Penelitian ini menyoroti pentingnya peningkatan sosialisasi, penguatan keamanan data, dan pengembangan layanan untuk mendukung kesejahteraan mahasiswa secara optimal.Kata Kunci - Konseling, Mahasiswa, Teori Pertukaran Sosial

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PSN

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat (Sendamas) mempublikasikan naskah artikel yang bertemakan*, namun tidak terbatas pada:* 1. Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan 2. Layanan Msyarakat, orang - orang, ketahanan pangan lokal 3. Pelatihan, Pemasaran, Teknologi Tepat Guna 4. ...