LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 1 (2025)

MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DAN MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG KONDUSIF

WULANDARI, YENNY NURUL (Unknown)
ASLAMIAH, ASLAMIAH (Unknown)
NOORHAFIZAH, NOORHAFIZAH (Unknown)
NOVITAWATI, NOVITAWATI (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2025

Abstract

This study examines the significant impact of effective instructional leadership and management by school principals on classroom learning climate and teacher performance, which in turn supports effective teaching practices.  Instructional leadership encompasses not only coordinating learning aspects, including management processes, direction, and empowering teachers as human resources, but also leveraging other resources to achieve learning objectives. As instructional leaders, principals are challenged to continuously enhance their effectiveness to improve educational quality and achieve school and educational goals, while staying abreast of evolving information to conduct visionary leadership aligned with current needs. The study explores the components of instructional leadership, encompassing curriculum management, teaching and learning processes, assessment, and the coordination of school learning communities, all of which influence teacher performance. Given the intricate relationship between effective instructional leadership and productive teacher performance in the classroom, this study investigates the correlation between strong instructional leadership and teacher productivity in implementing effective instruction.   ABSTRAK Penelitian ini meneliti dampak signifikan kepemimpinan dan manajemen instruksional yang efektif oleh kepala sekolah terhadap iklim pembelajaran di kelas dan kinerja guru, yang pada gilirannya mendukung praktik pengajaran yang efektif. Kepemimpinan instruksional tidak hanya mencakup koordinasi aspek pembelajaran, termasuk proses manajemen, arahan, dan pemberdayaan guru sebagai sumber daya manusia, tetapi juga memanfaatkan sumber daya lain untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sebagai pemimpin instruksional, kepala sekolah ditantang untuk terus meningkatkan efektivitas mereka untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mencapai tujuan sekolah dan pendidikan, sambil tetap mengikuti perkembangan informasi untuk melakukan kepemimpinan visioner yang selaras dengan kebutuhan saat ini. Penelitian ini mengeksplorasi komponen kepemimpinan instruksional, yang mencakup manajemen kurikulum, proses belajar mengajar, penilaian, dan koordinasi komunitas pembelajaran sekolah, yang semuanya memengaruhi kinerja guru. Mengingat hubungan yang rumit antara kepemimpinan instruksional yang efektif dan kinerja guru yang produktif di kelas, penelitian ini menyelidiki korelasi antara kepemimpinan instruksional yang kuat dan produktivitas guru dalam menerapkan instruksi yang efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

learning

Publisher

Subject

Education

Description

LEARNING : Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran diterbitkan 4 kali setahun (Februari, Mei, Agustus, dan November) oleh Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I) yang berada dibawah naungan Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya dan berafiliasi dengan Fakultas Ilmu Pendidikan ...