LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 1 (2025)

IMPLEMENTASI PROGRAM SUPERVISI PENDIDIKAN UNTUK PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DI SEKOLAH DASAR: SEBUAH KAJIAN LITERATUR

SUPARTI, SRI (Unknown)
ZAHRO, NURUL HIDAYATI (Unknown)
SUTOPO, ANAM (Unknown)
NARIMO, SABAR (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2025

Abstract

This research examines the implementation of educational supervision programs to enhance teacher professionalism in primary schools through a literature review. The background of the issue raised is the importance of developing teacher professionalism to improve the quality of primary education, where educational supervision plays a central role in supporting this. The methodology used is a systematic analysis of various studies that discuss the effectiveness of educational supervision in the context of primary schools. The findings indicate that structured and collaborative supervision can improve pedagogical skills, curriculum understanding, and teacher motivation. However, its implementation faces challenges such as resource shortages and differing perceptions between supervisors and teachers. The discussion highlights the importance of adequate training for both supervisors and teachers, as well as the need for policies that support resource allocation for more effective supervision. The conclusion of this research states that appropriate educational supervision can significantly contribute to improving teacher professionalism, and it is important for educational policies to support the implementation of more effective supervision programs in primary schools. ABSTRAKPenelitian ini mengkaji implementasi program supervisi pendidikan dalam meningkatkan profesionalisme guru di sekolah dasar melalui kajian literatur. Latar belakang masalah yang diangkat adalah pentingnya pengembangan profesionalisme guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar, di mana supervisi pendidikan memainkan peran sentral dalam mendukung hal tersebut. Metodologi yang digunakan adalah analisis sistematis dari berbagai studi yang membahas efektivitas supervisi pendidikan dalam konteks sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi yang terstruktur dan berbasis kolaboratif dapat meningkatkan keterampilan pedagogik, pemahaman kurikulum, serta motivasi guru, namun pelaksanaannya dihadapkan pada tantangan seperti kekurangan sumber daya dan perbedaan persepsi antara pengawas dan guru. Pembahasan menyoroti pentingnya pelatihan yang memadai bagi pengawas dan guru, serta perlunya kebijakan yang mendukung pengalokasian sumber daya untuk supervisi yang lebih efektif. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa supervisi pendidikan yang tepat dapat berkontribusi signifikan terhadap peningkatan profesionalisme guru, dan penting bagi kebijakan pendidikan untuk mendukung implementasi program supervisi yang lebih efektif di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

learning

Publisher

Subject

Education

Description

LEARNING : Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran diterbitkan 4 kali setahun (Februari, Mei, Agustus, dan November) oleh Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I) yang berada dibawah naungan Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya dan berafiliasi dengan Fakultas Ilmu Pendidikan ...