Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas belajar anak autis di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Sunan Kudus. Dalam konteks ini, kami akan membahas tiga faktor utama: strategi pembelajaran, metode Applied Behavior Analysis (ABA), dan gaya belajar. Anak autis memiliki kebutuhan yang unik dalam proses pembelajaran, sehingga penting untuk memahami bagaimana faktor-faktor tersebut dapat dioptimalkan untuk meningkatkan kualitas belajar mereka. Melalui pendekatan kualitatif dan analisis data dari berbagai sumber, termasuk wawancara dengan guru, serta pengamatan langsung di kelas, penelitian ini menemukan bahwa penerapan strategi pembelajaran yang tepat, penggunaan metode ABA yang efektif, dan penyesuaian gaya belajar dapat secara signifikan meningkatkan hasil belajar anak autis. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pengajaran yang lebih baik di SDLB dan institusi pendidikan lainnya.
Copyrights © 2025