Dalam konteks pembelajaran geometri, khususnya geometri transformasi, mahasiswa sering merasa bosan dan terbebani dengan keharusan menghafal rumus serta metode perhitungan. Kondisi ini berpotensi menghambat pengembangan kemampuan kognitif mereka, termasuk pemahaman konsep matematis yang esensial untuk pemecahan masalah sehari-hari serta pengembangan daya analisis. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) yang didukung dengan E-Modul. Tujuan dari penelitian ini, Dosen berperan sebagai fasilitator dalam pembelajaran mandiri atau kelompok yang terstruktur melalui pembelajaran berbasis PjBL. Penelitian kuantitatif ini menggunakan instrumen tes untuk mengukur kemampuan pemahaman matematis. Sampel terdiri dari 27 mahasiswa Program Studi Matematika Universitas Jambi yang mengambil mata kuliah Geometri pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023. Hasil menunjukkan bahwa penerapan Model PjBL dengan dukungan E-Modul pada topik Geometri Transformasi menghasilkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep matematis mahasiswa, dengan rata-rata skor gain ternormalisasi sebesar 0.74, yang berada dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini pembelajaran dengan menggunakan E-Modul Topik Geometri Transformasi Berbasis PjBL dapat Meningkatkan Pemahaman Matematis Mahasiswa
Copyrights © 2025