Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman isi puisi melalui pendekatan keterampilan proses pada pelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Responden penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 46 Gresik yang terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman isi puisi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman isi puisi siswa meningkat setelah diberikan pembelajaran melalui pendekatan keterampilan proses. Terdapat peningkatan yang signifikan pada aspek pemahaman makna kata, pemahaman makna kalimat, pemahaman makna paragraf, serta pemahaman makna keseluruhan puisi. Oleh karena itu, pendekatan keterampilan proses dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman isi puisi pada pelajaran Bahasa Indonesia.
Copyrights © 2025