Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada materi Bilangan Bulat melalui metode demonstrasi dengan media Papan Garis Bilangan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Cipawon dengan jumlah 19 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, dimana 1 kali pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi baik guru maupun siswa. Untuk memperoleh data prestasi belajar digunakan tes evaluasi pada setiap akhir siklus. Untuk memperoleh hasil motivasi siswa, digunakan angket amotivasi yang diberikan pada akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian, prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata nilai 65,5 dengan prosentase ketuntasan 73,3%, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 75,3 dengan prosentase ketuntasan 89,5%. Hasil motivasi siswa pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 3,30 dengan kriteria baik, dan pada siklus II mendapat nilai rata-rata 3,42 dengan kriteria baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa metode demonstrasi dengan menggunkan Papan Garis Bilngan dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Cipawon pada mata pelajaran Matematika materi Bilangan Bulat
Copyrights © 2022