Jurnal Pendidikan Dasar dan PAUD
Vol 1, No 1. April (2022): PEDAPAUD: JURNAL PENDIDIKAN DASAR DAN PAUD

Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Melalui Metode Demonstrasi Dengan Media Papan Garis Bilangan

Utamingtyas, Siwi (Unknown)
Aditama, Wiranda Bayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada materi Bilangan Bulat melalui metode demonstrasi dengan media Papan Garis Bilangan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Cipawon  dengan jumlah 19 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, dimana 1 kali pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi baik guru maupun siswa. Untuk memperoleh data prestasi belajar digunakan tes evaluasi pada setiap akhir siklus. Untuk memperoleh hasil motivasi siswa, digunakan angket amotivasi yang diberikan pada akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian, prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata nilai 65,5 dengan prosentase ketuntasan 73,3%, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 75,3 dengan prosentase ketuntasan 89,5%. Hasil motivasi siswa pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 3,30 dengan kriteria baik, dan pada siklus II mendapat nilai rata-rata 3,42 dengan kriteria baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa metode demonstrasi dengan menggunkan Papan Garis Bilngan dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Cipawon pada mata pelajaran Matematika materi Bilangan Bulat

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PeDaPAUD

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Physics

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan PAUD (PEDAPAUD) dengan nomor registrasi ISSN 2828-0369 (online) dan ISSN 2828-1748 (cetak) merupakan jurnal ilmiah akses terbuka dan peer-review yang menerbitkan berbagai jenis artikel ilmiah berdasarkan hasil penelitian dan artikel gagasan. Semua topik yang kami terima ...