Jurnal Edueco
Vol. 7 No. 2 (2024): Desember

PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PERSEPSI PROFESI GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU

Hikmah, Nur (Unknown)
Nur'aini, Tri Astuti (Unknown)
Deden, Deden (Unknown)
Aras, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh efikasi diri dan persepsi profesi guru terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Balikpapan Tahun Akademik 2022/2023 dengan menggunakan teknik sampling probability sampling dengan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling dan diperoleh sampel penelitian sebesar 135. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh efikasi diri dan persepsi guru terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Balikpapan. Hal ini menyatakan bahwa dengan adanya efikasi diri dan persepsi mahasiswa yang baik terhadap profesi guru akan membuat minat untuk menjadi guru semakin tinggi atau meningkat. Sementara secara simultan terdapat pengaruh secara bersama-sama antara variabel efikasi diri dan persepsi profesi guru terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Balikpapan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Edueco

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Eueco menerbitkan artikel di bidang Pendidikan Ekonomi dan Ekonomi. Terbit 2 periode, yakni Juni dan Desember. ...