Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan
Vol. 7 No. 01 (2023): Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

ASSESMENT AUTENTIK UNTUK EVALUASI PEMBELARAN IPA PADA MADRASAH IBTIDAYAH

Mardiana (Unknown)
Nida Mauidzati (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2024

Abstract

Abstract Evaluasi merupakan salah komponen penting dan tahap yang harus ditempuh oleh guru untuk mengetahui keefektifan pembelajaran. Hasil yang diperoleh dapat dijadikan balikan (feed-back) bagi guru dalam memperbaiki dan menyempurnakan program dan kegiatan pembelajaran. Sesuai tuntutan kurikulum 2013 kegiatan evaluasi harus dijalnakan berbasis dengan assessment autentik yaitu penilaian berbasis kinerja karena digunakan untuk menilai kinerja peserta didik dalam menampilkan tugas-tugas (tasks) yang bermakna. Selain itu penilaian otentik dipadankan pula dengan nama direct assessment karena penilaian otentik lebih banyak bukti langsung dari penerapan keterampilan dan peserta didik. Keywords: Assesment Autentik, Evaluasi, Pembelaran IPA

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tarbiyah

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

This journal publishes the results of research related to focuses on Education such as competency analysis, learning strategies, learning theory, learning development, educator professionalism, and research ...