Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan
Vol. 7 No. 02 (2023): Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

ASSESMEN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH CABANG MARTAPURA

Hasanah, Raudatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2024

Abstract

Abstract Perkembangan kognitif adalah proses berpikir anak menemukan solusi dari apa yang mereka pikirkan, mengamati, mencatat, dan mendokumentasikan semua aktivitas kinerja dan pekerjaan siswa dan bagaimana melakukannya sebagai dasar untuk membuat keputusan pendidikan anak yang berguna bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui materi kegiatan pengembangan kemampuan kognitif anak, mendeskripsikan penerapan teknik penilaian asesmen, dan hasil/dampak asesmen perkembangan kognitif di TK Aisyiyah Cabang Martapura. Instrumen yang dikembangkan adalah lembar observasi berupa anecdotal record, checklist, time sampling dan penggunaan perangkat teknologi untuk merekam data wawancara. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi untuk dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak di TK Aisyiyah telah berkembang sesuai dengan yang diharapkan, ditandai dengan kemampuan anak untuk mengikuti perintah/instruksi dari guru seperti mulai dapat berhitung, anak dapat menulis beberapa kosa kata, mau membaca bukubuku. Penilaian berpengaruh positif terhadap pencapaian perkembangan kemampuan kognitif, baik bagi guru, siswa, maupun orang tua.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tarbiyah

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

This journal publishes the results of research related to focuses on Education such as competency analysis, learning strategies, learning theory, learning development, educator professionalism, and research ...