Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan
Vol. 8 No. 01 (2024): Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI MI

Zulkifli, Muhammad (Unknown)
NorKholisah (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2024

Abstract

Abstract Pembelajaran pada hakekatnya merupakan proses terjadinya hubungan antara pesertadidik dengan daerah lingkungan tempat tinggal mereka, sehingga terjadi perubahan perilaku yang menjadi lebih baik. Dalam kegiatan mengajar tugas guru yang paling utama adalah mengkondisikan lingkungan belajar peserta didik agar membantu perubahan perilaku dari peserta didik. Strategi pembelajaran juga akan menentukan efektifitas dan efesiensi pembelajaran.sPembelajaran perlu dilakukan dengan metode ceramah yang lebih sedikit akan tetapi bisa juga digabungkan dengan metode lain agar peserta didik mudah bosan. Penggunaan strategi dengan berbagai macam strategi akan sangat membantu peserta didik dalam pencapaian tujuan belajar. Salah satu strategi pembelajaran yang baik adalah strategi pembelajaran kontekstual, karena strategi pembelajaran kontekstual ini dapat menggabungkan 3 aspek kecerdasan, yaituaspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Strategi pembelajaran kontekstual dapat memberikan ruang bagi peserta didik untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Jadi, siswa tidak hanya sebagai objek dalam proses belajar, tetapi peserta didik juga bisa menjadi subjek yang dapat menunjukkan keberadaan dan keikutsertaan dalam proses pembelajaran.Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi literatur atau kepustakaan, hasil penelitian ini menggambarkan bagaimana implementasi strategi pembelajaran kontekstual di MI.Kata Kunci : Implementasi Strategi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Fiqh

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tarbiyah

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

This journal publishes the results of research related to focuses on Education such as competency analysis, learning strategies, learning theory, learning development, educator professionalism, and research ...