Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan
Vol 12 No 3 (2024)

Implementasi Metode Total Physical Response (TPR) untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab

Solikin, Satria Hadi Cahya (Unknown)
Mulhendra, Mulhendra (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini membahas implementasi metode Total Physical Response (TPR) dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab di salah satu Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu di Karawang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode TPR dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan memanfaatkan gerakan fisik sebagai respons terhadap instruksi lisan. Namun, penelitian juga menemukan beberapa kendala, seperti keterbatasan waktu dan kurangnya kesempatan siswa untuk berbicara spontan. Metode ini mendapat respons positif dari siswa, yang merasa lebih aktif, percaya diri, dan antusias dalam belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PKWU

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The Journal of Education and Entrepreneurship is a place for scientific publications that publishes research articles from a variety of research methods both quantitative, qualitative, development and mix methods related to the study of economics, entrepreneurship, and ...