Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Vol. 14 No. 1 (2025): Jan: Education and Humanities

Asbabun Nuzul dan Urgensinya dalam Memahami Makna Al-Qur’an

Amiruddin, Amiruddin (Unknown)
Akbar, M. Ali (Unknown)
Injana, Zuhri (Unknown)
Elsya, Muhammad Ikhza (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini membicarakan tentang perlunya keberadaan asbabun nuzul dalam memahami ayat Al-Qur’an dengan menggunakan metode kualitatif dan studi kepustakaan, yang tujuan penilitian ini untuk menelaah pentingnya mengetahui sejarah latar belakang turunnya ayat Al-Qur’an agar dapat memberikan pemahaman yang tepat dan akurat ketika memahami dan menafsirkan makna suatu ayat. Adapun tujuannya adalah untuk mendapatkan kebanaran yang kuat dalam menafsirkan apa yang terdapat di dalam al-qur’an. Penelitian ini akan membahas pentingnya Asbabun Nuzul dalam menafsirkan Al-qur’an agar seseorang tidak salah dalam menafsirkan Al-Qur’an. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa Asbabun Nuzul mempunyai peran yang sangat penting dalam mendapatkan kebenaran saat menafsirkan al-qur’an, dimana untuk memahami sebuah kebenaran yang ada di dalam Al-Qur’an yaitu seorang mufassir membutuhkan alat bantu salah satunya yaitu dengan melihat peristiwa saat ayat tersebut diturunkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jiph

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora is a high-quality specialist journal that publishes articles from the broad spectrum of Curriculum Development, Teaching and Learning Innovation. Its primary aim is to communicate clearly, to an international readership, the results of original auditing research ...