Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh permainan congklak dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II Sekolah Dasar. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini melibatkan siswa, guru, dan orang tua sebagai informan untuk mendapatkan pemahaman mendalam terkait interaksi antara permainan dan proses pembelajaran matematika. Populasi penelitian terdiri dari siswa kelas II SD Muhammadiyah 29 Sunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan congklak efektif dalam meningkatkan keterampilan berhitung siswa. Melalui permainan ini, siswa tidak hanya belajar menghitung dengan cara yang menyenangkan tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial, berpikir kritis, dan strategi. Observasi dan wawancara menunjukkan bahwa siswa lebih terlibat dan antusias dalam pembelajaran matematika saat menggunakan congklak, serta mampu mengaitkan konsep matematika dengan situasi nyata. Kesimpulannya, permainan congklak bukan hanya alat pembelajaran yang menyenangkan tetapi juga berkontribusi pada perkembangan kognitif dan sosial siswa, menjadikannya inovasi yang berpotensi mengoptimalkan proses pembelajaran matematika di sekolah dasar
Copyrights © 2025