Publikasi Pendidikan
Vol 15, No 1 (2025)

Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelligence untuk Menyusun Modul Ajar dan Perencanaan Pembelajaran Interaktif untuk Guru SD

Andika, Refiona (Unknown)
Amini, Risda (Unknown)
Helsa, Yullys (Unknown)
Ningsih, Yarisda (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2025

Abstract

Perubahan yang dirasakan oleh guru dalam membuat perencanaan pembelajaran pada implementasi kurikulum merdeka ini menghadapkannya pada berbagai hambatan. Pendidik masih kesulitan dalam mengembangkan capain pembelajaran (CP), tujuan pembelajaran (TP) dan alur tujuan pembelajaran (ATP) sehingga materi yang diberikan belum mengacu pada materi esensial, melainkan masih mengacu pada kurikulum sebelumnya.Tidak hanya itu, pendidik juga kesulitan dalam menentukan model dan referensi pembelajaran. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi mitra. Kegiatan yang dilakukan adalah melaksanakan pelatihan Artificial Intelligence dengan platform Gemini, mulai dari pengenalan secara spesifik platform Gemini dan aplikasi penggunaannya dalam pembuatan modul ajar. Kegiatan ini dilaksanakan dalam 3 tahapan, yaitu: 1) Pra kegiatan, 2) Pelaksanaan, dan 3) Pasca pelaksanaan. Hasil kegiatan menunjukkan keinginan peserta untuk merancang pembelajaran interaktif dengan memanfaatkan AI meningkat sebesar 96,3%. Persentase tertinggi peserta menjadi lebih percaya diri dalam merancang kegiatan pembelajaran yang lebih interaktif sebesar 77,8%, serta telah memiliki kompetensi dalam hal merancang pembelajaran interaktif dengan AI sebesar 40,7%. Melalui pelatihan ini, kompetensi guru dalam membuat dan mengembangkan modul ajar interaktif dapat meningkat dengan bantuan teknologi AI.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...