Publikasi Pendidikan
Vol 15, No 1 (2025)

Urgensi Filsafat Pendidikan sebagai Landasan Etis Penggunaan Artificial Intelligence dalam Pembelajaran di Perguruan Tinggi

Dewi, Ressi Kartika (Unknown)
Rahman, Abdul (Unknown)
Asrowi, Asrowi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2025

Abstract

Artificial intelligence (AI) menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi pada zaman sekarang. Aksesibilitas yang mudah serta jaminan kecepatan kinerja yang cepat seperti layaknya manusia menjadikannya pilihan bagi mahasiswa untuk mempermudah pembelajaran. Tujuan artikel ini yakni untuk mendeskripsikan serta mengidentifikasi peran dan urgensi filsafat pendidikan sebagai dasar pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan artificial intelligence di perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam artikel ini yakni deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi pustaka secara komprehensif. Berbagai fenomena tentang pemanfaatan AI pembelajaran dibahas dalam artikel ini sebagai sarana untuk mengetahui kondisi faktual yang ada. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa teknologi AI menjadi pilihan utama bagi mahasiswa untuk memudahkan pekerjaannya. Ada beberapa hal yang menjadi kelemahan dan ancaman dari penggunaan AI yang berlebihan oleh mahasiswa. Filsafat pendidikan memiliki peranan penting untuk memberikan tata aturan normatif serta alat kontrol dalam berpikir bagi mahasiswa agar tidak terlalu melenceng dari aturan ilmiah serta etika akademik yang berlaku. Filsafat pendidikan memiliki pandangan esensialisme, progresivisme, perenialisme, eksistensialisme, humanistik, dan rekontruksionisme dalam perannya menjaga marwah dan nilai luhur pendidikan di tengah penggunaan teknologi AI dalam pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...