Publikasi Pendidikan
Vol 15, No 1 (2025)

Peningkatan Kemampuan Public Speaking Skill Pada Himpunan Mahasiswa Prodi Farmasi Di Universitas Aisyah Pringsewu

Gustianing, Defy (Unknown)
Bastian, Arif Alexander (Unknown)
Yunianti, Eka Pratiwi (Unknown)
Suswidiantoro, Vicko (Unknown)
Dwiningrum, Riza (Unknown)
Pratiwi, Mida (Unknown)
Puspita, Cici Chandra (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2025

Abstract

 Public speaking merupakan kunci sukses yang dibutuhkan pada era globalisasi saat ini yang segala sesuatunya penuh dengan persaingan. Jika sudah seperti demikian, kita tidak akan memiliki banyak kesempatan dan peluang serta informasi akibat minimnya relasi karena komunikasi yang kita pakai kurang baik. Mahasiswa/i merupakan generasi muda yang akan menjadi calon public speaker, tentunya seorang public speaker harus berani berbicara didepan umum. Maka salah satu upaya akademisi agar para mahasiswa/i dapat lebih berani dan terampil berbicara didepan publik itu dengan cara menciptakan sebuah wadah tempat belajar public speaking. Salah satu contohnya adalah organisasi yang bergerak dibidang program studi, himpunan mahasiswa prodi farmasi (HIMAFA). Oleh karena itu penulis ingin memfokuskan seberapa jauh peningkatan kemampuan public speaking yang dimiliki oleh mahasiswa/i HIMAFA dan hambatan yang terjadi sehingga peningkatan public speaking pada HIMAFA tidak terwujud. Pelaksanaan kegiatan ini merupakan proses untuk menambah pengetahuan ilmiah yang ditujukan ke ranah mahasiswa. Penerapan ini dilakukan dengan cara yang sederhana tetapi penting dipahami oleh sasaran sehingga tujuan pelaksanaan kegiatan ini dapat tercapai semaksimal mungkin. Berdasarkan hasil kegiatan ini, diketahui bahwa terjadi 1) peningkatan Public Speaking Skill dengan mengaplikasikan tips dalam mengatasi hambatan, 2) memberikan materi terkait isu terkini terkait kefarmasian, 3) pentingnya literasi sebelum mengemukakan pendapat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...