Tujuan penelitian ini agar melihat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap etika berbicara siswa di MTs Ummul Quraa. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yakni pre-eksperimen, metode yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design. Populasi tersebut merupakan keseluruhan siswa kelas VIII MTs Ummul Quraa dengan jumlah 100 siswa, sampel yang diperoleh berjumlah 8 siswa yang memiliki etika berbicara yang rendah. Sampel yang digunakan yaitu sampel non-probability sampling tepatnya teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan skala etika berbicara. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu Uji-t dengan bantuan SPSS versi 25, diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000< 0,05 dengan demikian.dapat disimpulkan bahwa Ho di tolak dan Ha diterima. Maka dapat dikatakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi berpengaruh terhadap etika berbicara.pada siswa MTs Ummul Quraa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025